Saturday, May 14, 2011

Siklus Hidup Capung Green darner (Anax junius)

Common_Green_Darner
Nama: green darner, green darner dragonfly, Common green darner, Darning Needle, Snake Doctor.
Nama Ilmiah: Anax junius Drury, 1773
Family: Aeshnidae
 
Panjang: 6.8 - 8.4 cm
Wingspan: 8 - 11.4 cm

Capung ini merupakan salah satu capung yang banyak terdapat di Amerika utara sampai Panama. Dikenal karena kemampuan migrasinya dari selatan Amerika utara sampai ke Texas dan Meksiko.

Habitat: Amerika utara, Alaska dan Kanada selatan, Meksiko, Amerika tengah. Ditemukan juga di Bermuda dan Karibia, termasuk Kuba, Bahama, Pulau Cayman, Republik Dominika, Haiti, Jamaika, Puerto Rico dan kepulauan British Virgin. Dilaporkan kadang berada diluar daerah normalnya, yaitu di Hawaii, Asia timur laut, Inggris dan Perancis.

Green Darner (Anax junius) male
Capung Green darner (Anax junius) jantan (atas) dan betina(bawah).

Green darner (Anax junius) female
capung Anax junius kawin_mating wheel
Siklus hidup Capung Green darner (Anax junius) dimulai dari perkawinan capung dewasa jantan dan betina. Capung kawin dalam formasi yang disebut mating wheel, dimana capung jantan akan mengaitkan pengaitnya yang ada di ujung perut ke belakang kepala capung betina, dan capung betina akan menempatkan ujung perutnya ke organ sex sekunder capung jantan untuk menampung spermanya. Pada gambar terlihat capung jantan ada disebelah kanan (atas). Setelah kawin, sang betina akan meletakan telurnya pada tanaman air atau ranting tanaman di dalam air (bawah).

capung anax junius bertelur
capung anax junius bertelur 2
Kadang capung betina hanya sendiri saja ketika sedang meletakan telurnya ke dalam air (atas). Telur akan menetas dalam 1-2 minggu dan larva capung akan hidup didalam air sebagai nimfa atau naiad (bawah).

ARKive image GES097028 - Common green darner
Selama masa pertumbuhannya, nimfa capung akan beberapa kali mengalami pergantian kulit (ekdisis) (atas).

ARKive image GES097004 - Common green darner
Nimfa capung Green darner (Anax junius) akan berubah warnanya menjadi kehijauan ketika akan memasuki tahap akhir metamorfosis untuk menjadi capung dewasa (bawah).

ARKive image GES097044 - Common green darner
Green_Darner.emerge1green darner emerged
Capung Green darner (Anax junius) mulai melepaskan kulit nimfanya (exuvia) (atas). Setelah proses pelepasan exuvia, capung akan mulai memompakan cairan ke dalam sayap-sayapnya, dan menunggu sayap-sayapnya mengeras sebelum akhirnya terbang untuk yang pertama kalinya (bawah). Dalam waktu sekitar 1 jam setelah proses pelepasan exuvia, capung telah siap untuk terbang.

junius_emergecapung baru lahir
capung terbang
Capung Green darner (Anax junius) yang baru menetas dan masih muda itu (teneral) akan terbang mencari makan (atas). Makanannya berupa serangga-serangga terbang lain yang biasanya ditangkapnya saat terbang, atau pun capung lain (bawah). Diperlukan waktu sekitar 2 minggu untuk capung dapat menjadi dewasa sepenuhnya dan setelah itu capung akan mulai mencari pasangan dan kawin. Maka siklus kehidupan Capung Green darner (Anax junius) pun dimulai lagi.

capung makan capung 2
Referensi:
  • www.naturenorth.com/dragonfly/DOM/Page02_Life_Cycle.html
  • en.wikipedia.org/wiki/Green_Darner
  • www.arkive.org/common-green-darner/anax-junius/
  • www.cirrusimage.com/dragonfly_green_darner.htm
  • lain-lain
Anax_junius
Foto-foto Capung Common Green darner (Anax junius) di gunakan tanpa ijin.

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment