Saturday, June 11, 2011

Ulat Menjadi Kepompong

a Common Eggfly Butterfly caterpillar 01

a Common Eggfly Butterfly caterpillar 02

Pada suatu siang aku melihat ada seekor ulat dari kupu-kupu Hypolimnas bolina yang berjalan keluar dari halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa barat, menuju ke arah kamar. Setelah berputar-putar, akhirnya ulat itu perlahan-lahan naik ke atas pintu kamar dan berdiam diri di sana dengan posisi mengantung dengan kepala di bawah dan bagian ujung belakang tubuhnya menempel pada dinding di atas pintu kamar. Apa yang akan dilakukannya ya??? Mungkinkah ia akan menjadi kepompong??? pikirku saat itu. Aku yang memang belum pernah melihat proses ulat menjadi kepompong akhirnya memutuskan untuk terus mengawasinya. Tapi ternyata tidak terjadi apa-apa hari itu, sampai sore berakhir dan malam pun datang.

Keesokan harinya aku masih melihat ulat itu mengantung di tempat yang sama, diatas pintu kamar, seperti kemarin. Setelah selesai beres-beres dan membuka toko, aku melihat ada pergerakan pada ulat dari kupu-kupu yang dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai Common Eggfly atau Great Eggfly Butterfly itu. Segera saja aku mengambil hape dan bangku. Sambil naik di atas bangku, aku menyiapkan kamera hape dan mengawasi ulat tersebut dari jarak dekat. Tak lama kemudian ulat itu memulai proses untuk menjadi kepompong. Benar-benar menarik melihat bagaimana sebentuk kepompong mendesak keluar dari dalam badan ulat tersebut ya… Menjelang saat-saat akhir dari proses ulat menjadi kepompong itu, sang ulat yang telah menjadi kepompong itu berputar-putar untuk melepaskan kulit ulatnya yang masih menyangkut di bagian ujung kepompongnya. Melihat berputar-putar dengan gerakan yang cukup kuat, aku merasa sedikit khawatir juga, takutnya kepompong itu malah terlepas dan jatuh ke bawah. Tapi ternyata kaitannya ke dinding cukup kuat untuk menjaganya agar tidak jatuh ya. Setelah kulit ulatnya terlepas dan terlempar jatuh, kepompong itu pun akhirnya kembali diam.

Sang ulat akan berada dalam bentuk kepompong selama sekitar 10 hari untuk melakukan proses perubahan menjadi kupu-kupu, makhluk lain yang sangat berbeda bentuk dan prilakunya. Sayangnya aku tidak sempat menyaksikan proses keluarnya kupu-kupu dari kepompong ini ya karena saat itu aku sedang berada di rumah di Jakarta :-(

caterpillar turn into chrysalis 01caterpillar turn into chrysalis 02

caterpillar turn into chrysalis 03caterpillar turn into chrysalis 04

caterpillar turn into chrysalis 05caterpillar turn into chrysalis 06

caterpillar turn into chrysalis 07caterpillar turn into chrysalis 08

caterpillar turn into chrysalis 09caterpillar turn into chrysalis 10

caterpillar turn into chrysalis 11caterpillar turn into chrysalis 12

ulat melepas kulit menjadi kepompong 14
Keadaan kepompong sehari setelah proses ulat menjadi kepompong selesai.

Foto-foto Proses Ulat Menjadi Kepompong adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i di Desa Raweuy, Jonggol, Jawa Barat.

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment