Monday, June 13, 2011

Eukaryota

Eukaryota, atau Eukariota dalam bahasa Indonesia, adalah kelompok (takson) dari organisme yang memiliki sel dengan struktur yang kompleks yang terbungkus dalam membran

Latin                  |  Inggris
superregnum | superkingdom/domain: Eukaryota Whittaker & Margulis,1978
Eukaryota, atau Eukariota dalam bahasa Indonesia, adalah kelompok (takson) dari organisme yang memiliki sel dengan struktur yang kompleks yang terbungkus dalam membran. Struktur yang terikat membran ini, yang membedakan sel eukariota dengan sel prokariota (yang tidak memiliki membran inti sel), disebut nucleus (nuklei) atau nuclear envelope dimana di dalamnya terdapat material genetik.
Diagram nuklei sel manusia
sel prokariota 
Yang termasuk dalam eukariota adalah hewan, tumbuhan, dan jamur serta protista (mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus/jamur). Sementara organisme-organisme lainnya, misalnya bakteri, termasuk dalam kelompok prokariota.
Berdasarkan jumlah flagellum (jamak: flagella; tonjolan seperti ekor yang keluar dari tubuh sel), eukariota dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, unikonta (tanpa atau mempunyai flagellum tunggal) dan Bikonta (mempunyai 2 flagella).
 
Alga hijau picoplankton Ostreococcus (kelas Prasinophyceae, divisi Chlorophyta) dilihat menggunakan “transmission electron microscopy” (TEM). Ostreococcus mungkin adalah eukariota hidup terkecil yang diketahui dengan ukuran rata-rata 0.8 µm (1 μm = 1 mikrometer = 1/1000000 meter = 1/1000 milimeter).

referensi:

  • en.wikipedia.org/wiki/Eukaryote
  • en.wikipedia.org/wiki/Prokaryote
  • en.wikipedia.org/wiki/Protist
  • en.wikipedia.org/wiki/Nuclear_envelope
  • en.wikipedia.org/wiki/Flagellum

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment