Tuesday, June 14, 2011

Gagal Mengamati Kupu-Kupu Common Eggfly (Hypolimnas bolina) Keluar dari Kepompong

foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) jantan
Ada sebuah kepompong dari kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) yang aku temukan di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat, yang lalu aku ambil dan taruh di salah satu pohon yang ada di halaman samping rumah di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Maksudnya sih ingin menyaksikan proses keluarnya kupu-kupu dari kepompongnya nantinya.

Setelah di tunggu selama 1 minggu, belum juga ada tanda-tanda kupu-kupunya akan keluar dari kepompong. Untuk kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) ini, dari yang pernah aku amati, salah satu tanda bahwa kupu-kupunya akan keluar dari kepompong adalah warna kepompongnya yang akan terlihat lebih gelap dibanding hari sebelumnya. Ulatnya sendiri akan berada di dalam kepompong sekitar 10 hari sejak mulai dari ulatnya menjadi kepompong.

Pada hari ke 8 (senin) dari sejak aku bawa dari Jonggol ke Pasar rebo, karena kesibukan yang ada pagi itu, aku melupakan tentang kepompong itu sehingga tidak memeriksanya lagi. Aku baru teringat akan kepompong itu ketika melihat seekor kupu-kupu terbang ketika aku lewat di dekat tanaman tempat aku menaruhnya. Jangan-jangan itu adalah kupu-kupu dari kepompong yang aku sedang tunggu-tunggu kelahiranya. Langsung saja aku memeriksanya, dan ternyata benar saja, kepompong itu sudah kosong!!! Dan kupu-kupu yang aku lihat tadi memang kupu-kupu yang berasal dari kepompong tersebut, yaitu kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina). Karena masih agak lemah, terbangnya masih belum jauh sehingga aku masih dapat mengejar dan mengambil beberapa fotonya sebelum akhirnya dia terbang jauh karena mungkin merasa terganggu dengan ulahku :-)

foto kepompong kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina)foto kepompong kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) 2
Kepompongnya aku taruh di salah satu tanaman yang ada di halaman samping rumah dengan menggunakan kawat ikat. Kepompongnya terkena sedikit adukan semen karena memang di rumahku sedang ada perbaikan rumah dan aku juga ikut membantu menjadi asisten tukang (kenek).

foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) 2
foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) 3
foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) 4
foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) 5
Foto-foto kupu-kupu common eggfly (Hypolimnas bolina) adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment