Tuesday, June 14, 2011

Regnum/Kingdom: Animalia

Hewan merupakan organisme  eukariotik yang kebanyakan mempunyai banyak sel (multiselular) yang mana membedakan mereka dengan bakteria dan protista

                 Latin | Inggris
Superregnum | Domain       : Eukaryota Whittaker & Margulis,1978
                                (unranked): Unikonta
                                (unranked): Opisthokonta
                                (unranked): Holozoa Lang et al. 2002
                                (unranked): Filozoa
Regnum            | Kingdom     : Animalia Linnaeus, 1758
Hewan atau binatang atau margasatwa atau satwa saja adalah kelompok organisme eukariota multiselular (mempunyai banyak sel) utama  yang ada dalam kingdom (kerajaan) Animalia atau Metazoa.
Hewan merupakan organisme  eukariotik yang kebanyakan mempunyai banyak sel (multiselular) yang mana membedakan mereka dengan bakteria dan protista. Sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat, seperti pada tumbuhan atau jamur. Komponen terbesar sel-sel hewan terdiri atas protein struktural kolagen.
Berbeda dengan tumbuhan, hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak. Semua hewan merupakan organisme heterotrof (organisme yang membutuhkan senyawa organik dimana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya).
Kingdom animalia meliputi beberapa kelompok filum/phylum yaitu Porifera, Coelenterata, Vermes, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.
Porifera adalah jenis hewan berpori yang habitat umunya di air laut atau tawar. Coelenterata adalah kelompok hewan berongga, dalam daur hidupnya dapat hidup sebagai polip atau medusa. Coelenterata terdiri atas dua filum, yaitu Ctenophora dan Cnidaria. Vermes adalah anggota kelompok dari cacing. Yang termasuk dalam filum ini antara lain Platyhelminthes atau disebut juga cacing pipih, Nematoda atau disebut juga cacing gilik, dan Annelida disebut juga cacing gelang. Mollusca atau disebut juga hewan lunak memiliki mantel yang dapat membentuk cangkang. Arthropoda adalah hewan dengan ciri khusus, yaitu kaki beruas-ruas. Echinoderma disebut juga hewan berkulit duri. Tubuhnya tidak bersegmen-segmen tetapi berduri dan hidup di laut. Chordata adalah hewan bertulang belakang, bertubuh simetris bilateral. Yang termasuk dalam chordata adalah kelas dari Cephalochordata, Hemichordata, Urochordata, dan Vertebrata yaitu Pisces, Reptil, Amfibia, Aves, dan Mamalia.
 
hewan indonesia Dari kiri ke kanan mulai dari atas-kiri: Spons, kelompok Hewan lunak, kelompok Hewan berongga, Siput, Kaki seribu, Bintang ular, Capung, Landak laut, Ikan betta, Komodo, Kodok tegalan, Jalak Bali, Macan tutul Jawa, Kakatua Maluku, Jerapah, Badak bercula satu, Tarsius Sulawesi Utara, dan Kuskus.

referensi:

  • en.wikipedia.org/wiki/Animal
  • id.wikipedia.org/wiki/Hewan
  • id.wikipedia.org/wiki/Heterotrof
  • id.wikipedia.org/wiki/Filum_hewan

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Unknown said...

Regnum itu khusu untuk hewan ataukah tumbuhan gan.??
makasih.

kunjung balik ya. Biolearning Center

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment