Cari di blog ini

Loading...

Thursday, July 28, 2011

Anatomi Kupu-Kupu

Anatomi Kupu-KupuAnatomi Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan serangga yang masuk dalam ordo Lepidoptera. Lepidoptera artinya adalah "scaled wings" atau "bersayap sisik" (lepis, sisik dan pteron, sayap). Sisik-sisik ini yang nantinya akan membuat sayap kupu-kupu mempunyai warna yang cerah. Kebanyakan kupu-kupu mempunyai struktur tubuh atau anatomi yang sama. Tubuh kupu-kupu dewasa terdiri dari 3 bagian , kepala (head), dada (thorax) dan perut (abdomen).

Anatomi probosisKepala (Head) – kepala adalah bagian dari serangga yang berisi otak, 2 mata kompon, probosis dan faring (tenggorokan, dimana merupakan awal dari sistem pencernaaan), dan 2 antena yang terpasang di kepala. 

Antena (Antennea) – antena adalah alat sensor yang terdapat di kepala serangga dewasa.  Antena ini digunakan untuk mencium dan keseimbangan. Kupu-kupu mempunyai 2 antena dengan ujung yang sedikit membulat yang disebut sebagai antennal club.

Mata kompon (Compound Eye) – mata kompon kupu-kupu terdiri dari banyak lensa hexagonal seperti halnya pada mata kompon serangga lainnya. Kupu-kupu hanya dapat melihat warna merah, hijau dan kuning saja.

Probosis (Proboscis) – kupu-kupu dewasa menghisap nektar bunga dan cairan lainnya dengan menggunakan probosis atau mulut penghisap yang seperti sedotan spiral. Ketika tidak digunakan, probosis ini akan digulung melingkar seperti selang air.

Palp labial (Labial palps) – palp labial membantu kupu-kupu untuk menentukan apakah sesuatu itu merupakan makanan atau bukan.

Dada (Thorax) – dada adalah bagian diantara kepala (head) dan perut (abdomen) dimana kaki dan sayap terpasang.

Sayap depan (Forewing) - fore wing adalah sepasang sayap yang berada paling atas.

Sayap belakang (Hindwing) - hind wing adalah sepasang sayap yang berada paling bawah.

Kaki (Legs) – kupu-kupu mempunyai sepasang kaki pendek yang berada di depan, dan 2 pasang kaki yang lebih panjang di belakangnya. Kaki, terutama sepasang yang ditengah, dilengkapi dengan sensor penciuman yang membuat kupu-kupu dapat "merasakan" kandungan kimia pada tempatnya hinggap.

Perut (Abdomen) – perut merupakan bagian ekor serangga yang mempunyai segmentasi yang memiliki organ vital seperti jantung, tubulus atau pembuluh Malphigi untuk alat ekresi (pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya), organ reproduksi dan sebagian besar sistem pencernaan.

Itulah bagian-bagian yang terdapat dalam Anatomi Kupu-Kupu.


Kupu-Kupu Bushbrown: Mycalesis horsfieldi dan Kupu-Kupu Jezebel: Delias hyparete

referensi:

Kupu-Kupu Eggfly: Hypolimnas misippus (betina)

Foto-foto kupu-kupu pada Anatomi Kupu-Kupu adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment