Thursday, July 21, 2011

Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis)

Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 04
Ini adalah Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) yang banyak terdapat di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat. Kumbang koksi ‘Transverse ladybird’ ini mempunyai panjang badan sekitar 5 mm dan warna oranye cerah sampai oranye-merah dengan pola hitam di punggungnya.

Kumbang koksi ini aktif di siang hari. Kumbang koksi dewasa maupun larvanya adalah pemangsa serangga bertubuh lunak, seperti aphid yang merupakan serangga sejenis kutu daun. Baik kumbang koksi ‘Transverse ladybird’ dewasa maupun larvanya dapat ditemukan pada tanaman yang sama dan memakan jenis serangga yang sama juga.

Kadang kumbang koksi ‘Transverse ladybird’ hidup bersama dengan kumbang koksi ‘Variable Ladybird’ (Colelophora inaequalis) pada tanaman yang sama dan memangsa serangga yang sama pula.

Klasifikasi Ilmiah Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis)
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – kerajaan binatang (animals)
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – filum  hewan beruas (arthropods)
Class Insecta Linnaeus, 1758 – kelas serangga (insects)
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – bangsa kumbang (beetles)
Family Coccinellidae Latreille, 1807 – keluarga kumbang koksi (ladybird beetles)
Genus Coccinella Linnaeus, 1758 – marga
Species Coccinella transversalis Fabricius, 1781 – jenis
Nama umum: Transverse Ladybird, Transverse Lady Beetle (Inggris)
Synonym:
catatan:
Kebanyakan orang menyebut kumbang koksi sebagai kumbang kepik, karena ukurannya dan perisainya yang juga keras, namun kumbang ini sama sekali bukan dari bangsa kepik (Hemiptera).
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.
referensi:
klasifikasi lain:
Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 06Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 01
Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 07Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 02
Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 08Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 05
Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 03
ladybird mating 01
Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) 09Kumbang koksi ‘Transverse ladybird’ (Coccinella transversalis) dapat ditemukan hidup bersama dengan kumbang koksi ‘Variable Ladybird’ (Colelophora inaequalis)

Foto-foto Kumbang Koksi ‘Transverse Ladybird’ (Coccinella transversalis) merupakan hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat.

Posting terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

Miliana said...

lengkap sekali dan gambarnya pun bagus

Elever Agency

Post a Comment